CILEGON— Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di era digital, sekelompok mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer Universitas Bina Bangsa berhasil mengembangkan sebuah inovasi teknologi tepat guna berupa media pembelajaran interaktif.
Mereka menciptakan game edukasi "Susun Kata" menggunakan platform Construct 2, yang dirancang untuk membantu siswa SDN Jerang Barat dalam mempelajari kosakata dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif.
Game Susun Kata ini merupakan solusi inovatif dalam pembelajaran bahasa, khususnya bagi siswa sekolah dasar. Dengan menggunakan teknologi berbasis HTML5, game ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan menyusun kata-kata dari huruf-huruf acak yang disediakan, sambil menikmati pengalaman bermain yang menghibur. Fitur-fitur seperti drag-and-drop, dan berbagai tingkatan level kesulitan membuat game ini tidak hanya bermanfaat untuk pembelajaran, tetapi juga sangat menarik bagi anak-anak.
"Kami melihat kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih engaging di sekolah-sekolah, terutama dalam pembelajaran kosakata. Dengan game Susun Kata ini, kami berharap siswa bisa belajar dengan lebih efektif dan guru memiliki alat bantu yang inovatif untuk digunakan di kelas," ujar Yozi, salah satu mahasiswa pengembang.
Game ini telah diimplementasikan dalam beberapa sesi kelas di Sekolah Dasar Negeri Jerang Barat sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM). Hasilnya, siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan kosakata mereka dan lebih antusias selama proses belajar. Para guru yang turut serta dalam program ini juga memberikan tanggapan positif, menyatakan bahwa game ini sangat membantu dalam mengaktifkan partisipasi siswa di kelas.
"Ini adalah contoh yang bagus bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan untuk pendidikan. Anak-anak sangat antusias saat bermain sambil belajar, dan kami berharap inovasi seperti ini bisa terus berkembang," kata Ibu Nani, salah satu guru di sekolah tersebut.
Pengembangan media pembelajaran ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari. Selain itu, proyek ini juga menunjukkan bahwa teknologi dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama di masa kini di mana digitalisasi semakin merata.
Mahasiswa Universitas Bina Bangsa berharap bahwa game Susun Kata ini dapat diimplementasikan lebih luas di berbagai sekolah di Indonesia, serta diadaptasi untuk mata pelajaran lain atau bahkan pembelajaran bahasa asing.
Dengan demikian, inovasi ini diharapkan mampu membantu menciptakan generasi muda yang lebih cerdas dan siap menghadapi tantangan di era globalisasi.
(*/red)
#Teknologi